DESAIN WEB

About Me

Selasa, 04 Desember 2012

Pencarian (searching) merupakan tindakan untuk mendapatkan suatu data dalam kumpulan data. Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita berurusan dengan pencarian; misalnya untuk menemukan nomor telepon seseorang pada buku telepon atau mencari suatu istilah dalam kamus. Pada aplikasi komputer, pencarian kerap dilakukan; misalnya untuk mendapatkan data dari seseorang mahasiswa, mendapatkan informasi suatu kata dalam kamus digital atau nama perusahaan.

Untuk keperluan mencari data, terdapat beragam algoritma pencarian (search algorithm). Yang dimaksud dengan algoritma pencarian adalah “algoritma yang menerima sebuah argumen a dan mencoba untuk menemukan sebuah rekaman yang memiliki kunci a” (Tenenbaum dan Augenstein, 1981, hal. 425). Sebagai contoh, dikehendaki untuk mendapatkan mahasiswa dengan nomor 9834567. Hasilnya adalah rekaman yang berisi data mahasiswa tersebut; yang barangkali berisi nama, alamat, tanggal lahir, dan program studi. Dalam implementasinya, algoritma bisa jadi memberikan nilai balik berupa sebuah rekaman yang diperoleh, tetapi bisa pula hanya memberikan pointer yang menunjuk ke sebuah rekaman.
Pencarian dapat dilakukan terhadap data yang secara keseluruhan berada dalam memori komputer ataupun terhadap data yang berada dalam penyimpanan eksternal (hard disk). Pencarian yang dilakukan terhadap data yang berada dalam memori komputer dikenal dengan sebutan pencarian internal, sedangkan pencarian yang dilakukan pada media penyimpan eksternal disebut pencarian eksternal. Pencarian model pertamalah yang dibahas pada sub bab ini.

Catatan : Selain itu pencarian dapat dilakukan terhadap data yang tidak urut ataupun terhadap data yang sudah urut. Kedua model pencarian seperti itu akan dibahas.

0 komentar:

Posting Komentar